Adalah
prestasi gemilang jika sebuah institusi yang bergerak dalam sektor
pelayanan mampu memposisikan diri sebagai Zero Complain. Lewat kekuatan
visi dan misi kemudian diaplikasikan dalam bentuk karya nyata, predikat
Zero Complaint tampaknya tidak sulit diraih seperti diincar Tim Khusus
(Timsus) Satpas SIM Polda Metro Jaya.
Peran Timsus Satpas SIM Polda Metro Jaya Jalan Daan Mogot Km 11
Cengkareng Jakarta Barat untuk membasmi segala bentuk praktik yang
menghambat pemohon SIM patut diacungkan jempol. Loyalitas Timsus yang
dibentuk oleh kepala seksi SIM Polda Metro Jaya Kompol H Gatot Subroto
SH dalam mengungkap berbagai modus tampaknya tidak disangsikan lagi. Berbagai
keluhan dilayangkan pemohon SIM selama ini dijadikan bahan evaluasi
sekaligus merupakan tantangan bagi Timsus untuk bertindak cepat dan
tepat sasaran. Tidak heran setiap aksi dilakukan oleh para pelaku
dengan modus memanfaatkan kebingungan masyarakat terkait pengurusan SIM
berhasil digagalkan Timsus.
Kerja ekstra Timsus bertujuan mengantarkan Satpas SIM Polda Metro Jaya
untuk mendapatkan Zero Complain atau tanpa protes dari masyarakat
terutama menyangkut ruang gerak para calo dan pelayanan dari petugas
SIM. Hasilnya, cukup efektif dimana dalam waktu yang relatif singkat
lokasi Satpas dinyatakan bersih dari calo. Pantauan Suara Tokoh Online
pada salah satu lokasi yang kerap dijadikan basis beraksinya para calo
yaitu di halte Taman Kota Jakarta Barat ternyata tidak ditemukan. Salah
seorang pengojek yang sangat mengetahui gerak-gerik calo mengatakan
tidak ada lagi yang berani beroperasi sebagai calo SIM. “ Semua calo
sudah diangkut Timsus ke Polda Metro Jaya.” uja Eman, pengojek yang
mangkal di halte Taman Kota.
Timsus yang dipimpin Iptu Rahmat beranggotakan perwira-perwira pilihan
dan berpengalaman diantaranya Aiptu Agus Sutrisna, Aiptu Sri
Harsono, Aiptu Wanto, Aipda Bambang S, dan Bripda Tutut
tidak saja mampu mensterilkan aksi calo di lokasi SIM dan sekitarnya,
tetapi juga sukses memburu aktor intelektual jaringan pemalsu SIM
hingga ke pelosok desa. Kerja keras tim terlatih ini tidak terlepas
dari komitmen dan komando Kasi SIM Polda Metro Jaya Kompol H Gatot
Subroto SH yang bertekad menjernihkan segala bentuk praktik meresahkan
pemohon SIM. Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan maksimal
terhadap warga Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang hendak
mengurus SIM di Polda Metro Jaya Daan Mogot Cengkareng. “Masyarakat
akan mengevaluasi kinerja dan layanan petugas kami. Jika layanan baik
praktis apresiasi diterima juga baik. Demikian pula sebaliknya manakala
pelayanan kurang memuaskan akan menjadi bahan kritikan. Kami tidak
mengklaim bahwa layanan Satpas SIM sudah optimal. Semua berpulang pada
masyarakat yang berhak menilai. Yang pasti kami akan mamberikan yang
terbaik sehingga pemohon SIM merasa puas.” ujar Kompol Gatot Subroto.
Lebih lanjut mantan penyidik Reserse Polres Jakarta Selatan dan
satu-satunya Polri yang menerima dua tropi Citra Pelayanan Prima ini
menyatakan cukup bangga dengan dedikasi dan loyalitas seluruh personil
yang bertugas di Satpas SIM Daan Mogot terlebih kredibilitas dan
akuntabilitas Timsus yang memang telah memberikan yang terbaik untuk
membarantas mafia calo dan jaringan pemalsu SIM. Senada dengan Kasi
SIM, Aiptu Agus Sutrisna SH, salah satu Timsus menyatakan, memberikan
keamanan dan kenyamanan bagi pemohon SIM menjadi prioritas utama Timsus
sehingga sekecil apapun peluang yang memungkinkan terjadinya praktik
liar terhadap pemohon SIM sedapat mungkin diantisipasi. Inilah
pelayanan yang menjadi target utama Satpas SIM. ’’Fokus kami adalah
mengunci ruang gerak calo.
Timsus
berupaya mencegah sebelum terjadi sesuatu terhadap pemohon SIM. Ini
menjadi ujian bagi Timsus untuk mendapatkan Zero Complain.” lanjut
Aiptu Agus. Tampaknya
apa yang menjadi target Timsus menuai hasil gemilang. Selain menyergap
para calo, Timsus juga membongkar berbagai jaringan pemalsu SIM,
menyeret joki dengan modus mengurus SIM atas nama orang lain, menciduk
aktor calo menggunakan kartu pers palsu, dan berbagai keberhasilan
lainnya. Prestasi ini praktis mengangkat citra Satpas Polda Metro
Jaya sehingga menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi masyarakat dalam
mengurus SIM.
Mencermati
apa yang telah dilakukan Satpas SIM dalam upaya melakukan inovasi
secara kontinyu dan berkesinambungan hingga terciptanya sebuah kondisi
dimana pemohon SIM merasa dilayani dengan tepat dan cepat, tidak
berlebihan jika Satpas SIM mengincar Zero Complain. Pasalnya, dalam
satu tahun terakhir ini praktis tidak ada komplain dari masyarakat baik
masalah calo maupun pelayanan petugas. Asumsi mengurus SIM harus
melewati berbagai birokrasi yang berbelit-belit tampaknya diakomodir
dengan baik kemudian terjadilah inovasi besar-besaran oleh pihak Satpas
sehingga dalam waktu singkat berubah menjadi sebuah layanan prima
seperti diharapkan masyarakat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar