Senin, 21 Januari 2013

SUARA MERDEKA NGABUBURIT


05 Agustus 2012
Ngabuburit Bersama Komunitas Unik
 0
 
 0
Sore hari sembari menunggu waktu berbuka puasa, banyak orang memanfaatkannya dengan bepergian ke luar rumah. Entah sekadar jalan-jalan atau berburu kebutuhan buka puasa.
Sedangkan bagi anak muda, waktu ngabuburit acap dimanfaatkan untuk kongkow bersama teman-teman. Ngabuburit bukan hanya sekadar tren, namun bisa disebut ritual yang identik dengan bulan Ramadan.
Bagi Anda yang malas bepergian keluar rumah, waktu ngabuburit bisa dimanfaatkan untuk menonton televisi. Namun, ketimbang menyaksikan sinetron yang menguras emosi, lebih baik menyaksikan program spesial Ramadan dari Tvku Semarang. Program ini bernama Ngabuburit On Air, sebuah program infotainment yang tayang setiap sore pukul 16.45 selama bulan Ramadan.
Ini merupakan kali kedua Ngabuburit On Air mengudara menemani waktu ngabuburit pemirsa setia Tvku. Tahun lalu, gagasan menggarap program khusus ngabuburit dicetuskan segenap kru produksi Tvku. Respons masyarakat yang bagus pada program ini pula yang menyebabkan pada Ramadan kali ini, Ngabuburit On Air tetap eksis menyapa pemirsa.
Dengan segmentasi pemirsa kalangan remaja dan umum, Ngabuburit On Air menyajikan liputan-liputan tentang komunitas, venue, serta kuliner khas Semarang. Program ini berdurasi 30 menit, yang dibagi menjadi empat segmen tayangan. Sebagaimana diungkapkan Lucia Mira Celia (21), produser Ngabuburit On Air, program ini hadir untuk menjawab kebutuhan informasi hiburan masyarakat Semarang dan sekitarnya.
”Banyak komunitas, venue dan kuliner di Semarang yang unik dan belum banyak diketahui masyarakat. Kegiatan yang kami liput pun tak masih disortir, hanya yang menarik dan punya misi bagus untuk pemirsa yang bisa ditayangkan,”ungkap alumnus Udinus Semarang itu.
Komunitas Unik
Ya, ada beberapa kategori komunitas yang bisa diliput untuk tayang di Ngabuburit On Air. Yang pertama, komunitas itu harus unik dan menarik untuk dikulik informasinya. Yang kedua, dipriotaskan komunitas yang belum banyak jenisnya di Semarang. Yang ketiga, komunitas yang belum banyak diketahui warga.
”Kegiatan komunitas yang diliput tim Ngabuburit On Air selalu punya pesan positif ke pemirsa Tvku. Misalnya program buka bersama anak yatim, berbagi takjil, atau event amal. Kami sekaligus ingin memberi teladan yang baik ke pemirsa.”
Seperti yang tampak pada episode Ngabuburit On Air beberapa waktu lalu. Episode itu menayangkan kegiatan komunitas Sefef (Semarang Female Fotofrafer) dan komunitas Semoc (Semarang Mercedes Benz Owner's Community) yang menggelar hunting foto model berhijab. Acara itu menyuarakan misi berhijab trendi nan cantik yang apik dibidik lensa kamera para fotografer.
Pihak Tvku berharap, acara-acara komunitas yang positif selama bulan Ramadan bisa diliput sebagai contoh yang baik untuk pemirsa. Ada pula episode liputan tentang komunitas inline skate Semarang yang beraksi di Simpang Lima Semarang tiap sore hingga malam hari.
”Sedangkan untuk venue yang bisa diangkat menjadi tema program ini ya yang paling ramai di Semarang. Misalnya Simpang Lima, Taman KB, jalan Pahlawan dan masih banyak lagi,” imbuh Mira.
Diakui perempuan berambut panjang ini, setiap stasiun televisi berlomba menyajikan tayangan spesial ngabuburit yang menarik. Sebab, waktu ngabuburit merupakan waktu prime time selama bulan puasa. Tidak mudah menyajikan tayangan yang bisa merebut hati pemirsa setia Tvku. Oleh karena itu, kreativitas dibutuhkan segenap kru tayangan spesial Ramadan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar