Senin, 14 Januari 2013

IMUNISASI

Kata imunisasi biasanya diasosiasikan dengan balita dan anak-anak. Padahal orang dewasa juga memerlukan imunisasi.
Semakin meningkatnya usia seseorang, maka semakin rentan juga ia terkena penyakit. Imunisasi untuk orang dewasa, khususnya kelompok usia lanjut, dapat mencegah kematian secara signifikan.
Ketua Satuan Tugas Imunisasi Dewasa Perhimpunan Ahli Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI)- Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof. Dr.Samsuridjal Djauzi SpPD-KAI mengatakan, imunisasi untuk orang dewasa sama pentingnya dengan vaksinasi pada anak.
Bahkan imunisasi pada orang dewasa dapat mencegah risiko kematian seratus kali lipat lebih tinggi ketimbang imunisasi pada anak.
"Setiap tahun, puluhan ribu orang dewasa dan ratusan ribu lainnya harus dirawat di rumah sakit karena penyakit yang sebenarnya bisa dicegah dengan imunisasi," terangnya di sela acara peluncuran vaksin pencegah pneumokokus untuk orang dewasa, Jakarta, Senin (14/1).
Prof Samsuridjal menambahkan, tujuan imunisasi pada orang dewasa dan anak berbeda. Jika pada anak imunisasi dimaksudkan untuk menyiapkan anak agar memiliki kekebalan tubuh yang kuat, pada orang dewasa terutama pada orang berusia lebih lanjut, imunisasi dapat mencegah kematian yang cukup signifikan.
Salah satu penyakit berbahaya yang dapat dicegah dengan imunisasi orang dewasa adalah penyakit pneumokokus.
Penyakit pneumokokus merupakan kumpulan dari beberapa penyakit seperti meningitis, pneumonia, infeksi telinga tengah, infeksi darah dan sinusitis yang dapat diderita segala usia, terutama anak-anak dan dewasa juga pada individu yang memiliki kondisi medis kronis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar