Senin, 14 Januari 2013

Ngemil sehat saat sore

HAI Chef, perkenalkan saya Tya (28). Saya senang ngemil, tapi sebisa mungkin yang sehat, setidaknya bukan gorengan. Adakah camilan sehat yang bisa Chef bagikan resepnya? Terima kasih atas jawaban Chef.

Tya - Semarang

Jawab:

Banyak makanan bisa diolah menjadi makanan sehat, salah satunya mushi Yasai no Tempe Soosu ae atau sayuran dengan saus tempe, bisa juga disebut salad tempe. Proses membuatnya pun cukup mudah. Bahan yang dibutuhkan, adalah kentang, wortel, kacang kapri, serta okra. Bila tak suka okra, Anda bisa menggantinya dengan oyong.

Pertama-tama, kupas kulit kentang lalu potonglah, lakukan hal yang sama pada wortel. Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, lakukan pemotongan pada bentuk serta ukuran yang sama.

Untuk wortel, belahlah menjadi dua bagian kemudian potong. Jika sudah, siapkan panci berisi air lalu didihkan dan beri sedikit garam. Garam berfungsi memberi rasa manis pada sayuran.

Kalau sudah mendidih, masukkan potongan kentang dan wortel juga okra dan kacang kapri. Merebus sayuran tak perlu terlalu matang agar kerenyahannya bisa dirasakan saat disantap. Angkat dan tiriskan.

Untuk sausnya, masukkan tempe yang sudah digoreng ke dalam blender, tambahkan jahe parut, bawang bombai parut, cuka, dan sama kecap soyu atau kecap kikoman secukupnya. Tambahkan sedikit penyedap rasa juga air jeruk nipis. Blender hingga halus.

Cara penyajiannya, taruh sayuran di piring kemudian siram dengan saus tempe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar